Cara mengobati keputihan yang gatal

Cara mengobati keputihan yang gatalAda macam-macam keputihan yang dapat dialami oleh seorang wanita. Sebagian macamnya terbagi berdasarkan debit cairan itu sendiri. Ketika cairan yang keluar tidak berlebih, maka keputihan yang terjadi masuk ke dalam kategori normal. Namun jika debit cairannya terlalu banyak, maka hal tersebut menandakan bahwa keputihan masuk ke dalam kategori abnormal. Selain debitnya, masalah keputihan juga terbagi berdasarkan warnanya. Setidaknya ada lima warna yang umum muncul, yaitu putih keabu-abuan, berkarat, hijau, kuning dan coklat.

Jika Anda mendapati keputihan mengalami keadaan abnormal dengan berbagai jenis warna yang tidak biasa, terlebih jika muncul rasa gatal, maka Anda harus melakukan beberapa cara mengatasi keputihan yang gatal tersebut. Setidaknya ada tiga cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi keputihan ini. Cara yang pertama adalah dengan mengubah pola hidup, termasuk aktivitas sehari-hari dan asupan makanan. Cara yang kedua adalah dengan mengonsumsi obat herbal dan cara yang ketiga adalah dengan berkunjung kepada dokter untuk mendapatkan obat khusus.

Pada dasarnya cara mengobati keputihan yang gatal secara alami menggunakan obat herbal sama dengan cara menyembuhkan keputihan menggunakan obat-obatan rumah sakit. Hanya saja obat herbal biasanya lebih aman untuk digunakan, karena tidak menimbulkan efek negatif berlebih. Meskipun dalam beberapa bahan tradisional terdapat zat yang cukup keras, sehingga mungkin dapat menimbulkan iritasi alami.

Sedangkan untuk pola makan dan aktivitas, Anda yang mengalami keputihan dapat fokus pada rutinitas membersihkan organ kewanitaan menggunakan sabun khusus. Biasanya sabun khusus ini dapat dibeli di supermarket atau apotek. Jangan lupa juga untuk selalu menggunakan handuk dan pakaian dalam keadaan bersih.

Usahakan juga untuk mengonsumsi berbagai jenis makanan yang dapat meringankan gejala keputihan dan rasa gatal yang ditimbulkan, seperti saripati beras, daun jambu biji dan jahe. Untuk saripati beras, Anda bisa mendinginkannya terlebih dahulu, setelah itu minum secara teratur setiap hari. Sedangkan untuk daun jambu biji dan jahe, Anda bisa mengolahnya menggunakan air, lalu minum campuran ekstraknya. Untuk ekstrak daun jambu biji, minum sebanyak dua kali sehari. Sedangkan untuk jahe, Anda bisa mengonsumsi selama tiga minggu berturut-turut hingga keputihan dan rasa gatal menghilang.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: